Beranda Tak Berkategori 5 SMK DI PROVINSI JAMBI SIAP JADI “B L U D”

5 SMK DI PROVINSI JAMBI SIAP JADI “B L U D”

241
0

Kota Jambi, Narasi Day.com-Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, salah satu amanatnya adalah perlunya revitalisasi SMK secara komprehensif untuk menghasilkan lulusan SMK yang kompeten, yang berdaya saing dan siap menghadapi tantangan dan dinamika perkembangan nasional maupun global. Salah satu penguatan link and match dengan dunia kerja adalah penerapan pembelajaran teaching factory (TeFa) di SMK. Selain Tefa, SMK juga memiliki Unit Produksi (UP) dan potensi aset sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Payung hukum yang mengatur suatu institusi pemerintah dapat berfungsi dan beroperasi layaknya badan usaha adalah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) seperti diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah. Mempedomani Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), pasal 29 berbunyi “ bahwa Unit Pelaksana Teknis Dinas/Badan yang akan menerapkan Badan Layanan Umum Daerah memenuhi persyaratan yang meliputi: a. substantif; b. teknis; dan c. administratif.

Kasi Kurikulum dan penilaian SMK , Harmonis, S.Pd.I.,MM mengatakan “Rabu, 22 Mei 2024, telah kita serahkan ke Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi 5 dokumen Adniministratif calon Badan Layananan Umum Daerah (BLUD) untuk dilakukan penilaian, 5 Unit Pelaksana Teknis Dinas Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan sebagai berikut :

1. UPTD SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI

2. UPTD SMK NEGERI 1 BUNGO

3. UPTD SMK NEGERI 5 MERANGIN

4. UPTD SMK NEGERI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR

5. UPTD SMK NEGERI 4 TANJUNG JABUNG TIMUR

Kemudian “ 5 Dokumen ini nantinya akan dinilai oleh TIM Penilai BLUD Provinsi Jambi”, Tambah Harmonis.

Ditempat terpisah, Kadisdik Provinsi Jambi H.Syamsurizal, SE.,M.Si menyampaikan “Penerapan BLUD di SMK diharapkan dapat mendorong sekolah menjadi fleksibel dan transparan dalam pengelolaan keuangannya, serta mewujudkan sekolah yang mandiri dan merdeka, sehingga mampu menghasilkan tamatan yang memiliki softskills, hardskills, dan karakter unggul, serta berdaya saing tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional dan BLUD SMK ini juga merupakan salah satu indicator RPJMD Jambi MANTAP ” dan tahun-berikutnya akan ada lagi SMK-SMK kita yang akan kita BLUD kan, tambah Kadisdik

(Inr)