Beranda Daerah Narasi Kotak Kosong Atau Sebuah Momok Untuk Petahana

Narasi Kotak Kosong Atau Sebuah Momok Untuk Petahana

230
0

Rangga H. Wibowo, Koordinator Gen-Rakyat.   Jambi 20 Juli 2024

Fenomena PILGUB Jambi 2024 kian hangat di perbincangkan, kabarnya Al Haris-Abdullah Sani selaku petahana sekarang telah banyak memborong partai dari PAN, PKS, PPP, PKB, dan Demokrat telah resmi mendukung petahana untuk maju di PILGUB Jambi 2024, beberapa pengamat politik di jambi memberikan narasi petahana ini akan melawan “Kotak Kosong” dengan dasar petahana akan memborong semua partai yang tersisa sehingga Romi Haryanyo-Saniatul Lativa tidak mendapatkan kendaraan untuk melenggang maju melawan incumbent tersebut.

Tersisa 4 partai besar di jambi yang belum menyatakan sikap untuk mendukung secara resmi calon gubernur jambi, diantaranya Golkar, Gerinda, PDIP dan Nasdem. Kabarnya 4 partai ini akan segera mendeklarasikan dukungannya secara resmi di akhir bulan Juli – awal Agustus mendatang. Yang menarik disini adalah “Narasi Kotak Kosong” yang telah bergulir kencang sampai menjadi buah bibir dimana-mana, seakan-akan narasi ini diciptakan agar hal itu terlihat benar dan nyata.

Saya fikir dengan skema memborong partai dan tidak menyisakan satupun partai untuk pasangan Romy Hariyanto-Saniatul Lativa itu menjadi salah satu momok ketakutan incumbent Al Haris-Abdullah Sani untuk berhadapan langsung bersama penantang tunggal Romy Hariyanto-Saniatul Lativa.

Bagaimana tidak takut, menurut lembaga survei terbaru Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) pada pemilihan gubernur atau PILGUB Jambi 2024 yang dilaksanakan di wilayah Provinsi Jambi yang meliputi 11 kabupaten/Kota menunjukan gubernur

jambi Al Haris-Abdulah Sani selaku incumbent memiliki elektabilitas stagnan dibandingkan calon gubernur Romi Hariyanto-Saniatul Lativa yang masih bisa berpotensi naik untuk menyalip elektabilitas incumbent tersebut. Ujar Direktur Eksekutif ICRC Hadi Suprapto Rusli.

Sumber dari “Survei ICRC Jelang Pilkada 2024: Elektabilitas Incumbent Gubernur Jambi Stagnan” https://www.liputan6.com.